Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika berada dalam Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Banyuwangi didirikan pada tahun 1985 berdasakan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 070/O/1985 tanggal 18 Februari 1985 dengan status terdaftar. Pada tahun 1992, berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 149/DIKTI/Kep/1992 tanggal 28 Aoril 1992 jurusan Pendidikan Matematika telah mendapatkan status diakui. Pada tahun 2007 berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasioanl Republik Indonesia Nomor 108/D/O/2007, IKIP PGRI Banyuwangi berubah menjadi Universitas PGRI Banyuwangi dan Jurusan Pendidikan Matematika berubah menjadi Program Studi Pendidikan Matematika yang berada dalam Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA ) Universitas PGRI Banyuwangi. Dan pada tahun 2007 pula Prodi Pendidikan Matematika telah terakreditasi oleh BAN-PT dengan No sertifikat 025/BAN PT/Ak-X/S1/2007 tertanggal 26 Oktober 2007.

Pencapaian visi dan keterlaksanaan misi Prodi Pendidikan Matematika diharapkan dapat mewujudkan tujuan Prodi Pendidikan Matematika untuk menghasilkan tenaga pengajar/guru matematika yang profesional, memajukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, serta membina kehidupan akademik yang kondusif dalam pembelajaran. Selain itu, misi dilaksanakan untuk mencapai pengembangan sistem pelayanan dan informasi akademik dalam upaya peningkatan kualitas kurikulum, proses perkuliahan, sistem penilaian dosen dan karyawan.

Tata pamong pada Prodi Pendidikan Matematika telah sesuai dengan struktur organisasi Universitas PGRI Banyuwangi; sistem kepemimpinan dan pengelolaan yang akuntabel, transparan, efisien dan efektif; serta keterlibatan sivitas akademika dalam pelaksanaan dan pengembangan program-program Prodi Pendidikan Matematika.

Penjaminan mutu Prodi Pendidikan Matematika secara garis besar masih ditangani oleh Tim Penjamin Mutu Universitas yang bertugas melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap proses pembelajaran.

Prodi Pendidkan Matematika hingga saat ini telah mempunyai 14 orang dosen tetap dengan usia 25 sampai dengan 64 tahun. Kualifikasi pendidikan dosen Prodi Pendidikan Matematika terdiri dari 7 dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan bidang Program Studi dan 7 dosen tetap yang bidang keahliannya di luar bidang Program Studi.  Rasio dosen dan mahasiswa adalah 16 : 429 atau 1 : 27.

Kurikulum disusun sesuai dengan visi, misi, tujuan, dan sasaran Prodi, serta tuntunan dan kebutuhan stakeholder dan ditinjau setiap 3 tahun sekali agar sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kurikulum juga memperhatikan kebutuhan masyarakat, yang dikemas dalam mata kuliah pilihan, yaitu analisis rasio keuangan, program paket niaga, pemrograman pascal dan pemrograman visual basic, yang dapat dipilih sesuai bidang minatnya, serta satu mata kuliah wajib yaitu kewirausahaan. beban minimum yang wajib diselesaikan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika adalah 150 SKS yang terdiri dari 142 SKS mata kuliah wajib dan 8 SKS mata kuliah pilihan.